December 22, 2021 By roumukanri110.net 0

Kembali Dibuka, Wisata Kepulauan Seribu Menyambut Era New Normal

Kembali Dibuka, Wisata Kepulauan Seribu Menyambut Era New Normal

Wisata Kepulauan Seribu merupakan keliru satu wisata bahari favorit baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Lokasinya yang dekat dengan ibu kota supaya gampang dijangkau jadi keliru satu alasan Kepulauan Seribu senantiasa ramai dikunjungi wisatawan.

Kegiatan yang mampu dijalankan pun memadai beragam, menjadi berasal dari wisata bawah laut, konservasi, hingga sejarah. Kepulauan Seribu sendiri terbagi ke di dalam kategori pulau berpenduduk, resort, dan konservasi. Pulau berpenduduk kebanyakan punyai fasilitas yang memadai memadai dan cocok bikin kamu yang idamkan berwisata dengan budget rendah atau ala backpacker.

Sementara itu, pulau resort berukuran lebih kecil dan terkesan lebih privat sebab pulau-pulaunya tidak berpenduduk dan dikelola secara pribadi. Karenanya, harga yang ditawarkan pun lebih mahal dan kamu perlu mengantongi izin berasal dari pengelola atau lewat agen wisata Kepulauan Seribu. Nah, jikalau pulau konservasi memang diperuntukkan bagi konservasi alam supaya kelestarian bawah lautnya senantiasa terjaga Siapa kangen mirip Pulau .

Meski tidak meraih seribu, pilihan pulau yang mampu kamu kunjungi berasal dari kategori-kategori di atas memadai banyak dan mampu sesuai dengan budget serta tujuan kamu. Hanya saja, waktu pandemi COVID-19 melanda, kalian kemungkinan perlu menunda rancangan wisata ke pulau berikut mengingat wisata Kepulauan Seribu perlu ditutup untuk waktu waktu.

Setelah tutup sebagian bulan ke belakang, pemerintah selanjutnya kembali mengakses wisata Kepulauan Seribu terhadap tanggal 13 Juni 2020 lalu. Keputusan pembukaan berikut tertuang di dalam Surat Keputusan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Nomor 131 th. 2020 perihal Protokol Pencegahan Penularan COVID-19 di Sektor Usaha Pariwisata Pada Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman dan Produktif.

Untuk menahan penyebaran COVID-19, dibukanya wisata berikut dibarengi dengan sejumlah protokol kesehatan yang perlu diikuti baik oleh wisatawan serta para pemilik bisnis dan pekerja. Kapasitas wisatawan pun dibatasi maksimal 50 prosen berasal dari kuota biasanya.

Lalu, apa saja yang perlu kamu mengerti supaya mampu berwisata Kepulauan Seribu dengan aman, nyaman, dan fun? Simak informasinya berikut ini!

Protokol Kesehatan

Demi menahan penular COVID-19 selama berwisata Kepulauan Seribu, para pengunjung diwajibkan untuk mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Protokol berikut meliputi keharusan memakai masker, mencuci tangan di area yang udah disediakan, menerapkan etika batuk dan bersin, menjaga jarak aman, dan menjauhi menyentuh wajah. Wisatawan terhitung dilarang mempunyai anak di bawah lima tahun.

Protokol kesehatan berikut menjadi berlaku sejak pengunjung berada di dermaga Jakarta dan Tangerang. Karenanya, wisatawan dapat melewati prosedur kontrol suhu tubuh di dermaga asal mereka. Bila suhu tubuh di atas 37 derajat, wisatawan dapat diminta kembali pulang atau diarahkan ke ambulan untuk meniti kontrol lanjutan jasa travel pulau seribu terbaik .

Jika suhu normal, wisatawan mampu segera mengantre di loket pembelian tiket dengan senantiasa menjaga jarak. Meski mampu belanja tiket secara langsung, wisatawan disarankan untuk berkoordinasi dengan travel agent supaya tiket mampu dibeli secara online untuk kurangi jalinan dengan banyak orang.

Selanjutnya, wisatawan dapat diarahkan untuk menuju kapal yang dapat ditumpangi. Jaga jarak terhitung diberlakukan selama tunggu kehadiran kapal dan memasuki kapal tujuan. Selain itu, wisatawan pun diharuskan untuk mencuci tangan sebelum akan dan sesudah menaiki kapal. Setelahnya, di di dalam kapal wisatawan senantiasa diharuskan menjaga jarak, memakai masker serta life jacket demi keselamatan.

Sesampainya di dermaga pulau tujuan, kontrol suhu kembali dilakukan. Jika suhu normal, wisatawan dapat diperbolehkan untuk pergi ke homestay. Namun, jikalau suhu di atas 37, mereka dapat diarahkan ke Puskesmas/RSUD setempat (jika di pulau penduduk) atau fasilitas kesehatan paling dekat (pulau resort).

Lebih lanjut, pengunjung yang idamkan berwisata Kepulauan Seribu terhitung diwajibkan mempunyai surat info sehat berasal dari area asal mereka. Surat sehat berikut nantinya dapat ditunjukkan waktu berada di dermaga Jakarta atau Tangerang.

Selain itu, penyemprotan disinfektan secara berkala terhitung dijalankan di di dalam kapal penumpang, area wisata, homestay, dan sebagainya untuk menahan penyebaran COVID-19.

Berkunjung Kemana?

Per tanggal 13 Juni, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta mengumumkan delapan pulau di Kepulauan Seribu yang siap dibuka. Dalam kategori pulau berpenduduk, Pulau Pramuka dan Pulau Untung Jawa udah mampu dikunjungi. Lalu untuk pulau resort, kamu mampu berwisata Kepulauan Seribu ke Pulau Ayer, Macan, Bidadari, Sepa, Pelangi, dan Putri.

Selain itu, tersedia terhitung Pulau Tidung (berpenduduk) yang udah mampu kembali dinikmati sesudah sempat ditutup terhadap 19 Juli lalu. Hal ini perihal dengan adanya kasus positif terhadap 12 pedagang di pulau tersebut. Namun, hasil rapat terakhir memastikan untuk senantiasa mengakses Pulau Tidung dengan menghalangi kuantitas pengunjung hingga 50% saja. Selain pulau-pulau tersebut, Pulau Pulau Pari dan Pulau Kelapa terhitung dijadwalkan dibuka kembali sejak tanggal 4 Juli 2020.

Selama pembukaan wisata Kepulauan Seribu, Pulau Untung Jawa jadi lokasi favorit wisatawan untuk nikmati liburan akhir pekan mereka. Mayoritas wisatawan berkunjung ke Pantai Arsa untuk nikmati watersport seperti snorkeling dan banana boat.

Selain itu, Pulau Untung Jawa terhitung punyai Pulau Cipir dan Onrust yang tak cuma menawarkan aktivitas air. Di pulau-pulau tersebut, kamu mampu menyusuri peninggalan histori di era kolonial Belanda. Selain nikmati watersport dan wisata sejarah, kamu terhitung mampu melaksanakan wisata konservasi di Balai Taman Nasional Pulau Pramuka.

Kegiatan kamu selama berwisata Kepulauan Seribu tidak cuma itu saja, banyak aktivitas menarik lainnya yang mampu kamu nikmati. Kamu mampu sekadar duduk enjoy sambil nikmati panorama laut yang menenangkan dan sesekali berjalan-jalan menyusuri pasir pantai.

Kamu terhitung mampu menjelajahi pulau yang kamu kunjungi dengan terjadi santai, manfaatkan sepeda atau bahkan perahu. Jangan lupa terhitung untuk nikmati keindahan sunrise dan sunset yang sayang untuk dilewatkan.